Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendirian." (Ar-Raad [13]: 11).

22 Mei 2008

Kenapa mesti melakukan yang haram, kalau ada cara yang halal?

Pernikahan itu untuk menjaga keberlangsungan eksistensi manusia....
teman2 ku saat kalian baca blog ini .... renungkanlan dan hayatilah salah gak sih dian .. islam Itu indah ..

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. QS An-Nisa’

Tujuan NIkah itu apa che ???
Bekal Menuju Pernikahan
Menetapkan Visi Rumah Tangga
Hal terpenting pertama kali yang harus dipikirkan adalah model dan gaya rumah tangga seperti apa yang ingin Anda bentuk , bukan mempertanyakan siapakah yang pantas menjadi calon suami saya
Model Rumah Tangga Gaya Hotel
Hotel adalah tempat transit, bukan tempat tinggal dalam waktu lama. Jika suami pulang ke rumah hanya untuk menumpang tidur, makan, buang air, dsb maka ini bisa disebut rumah tangga gaya hotel

Model Rumah Tangga Gaya Rumah Sakit
ni adalah model rumah tangga yang berdasarkan politik balas jasa. Si dokter merasa berjasa pada pasien, pasienpun merasa berjasa pada
Kata Istri :
“Mas sadar ya, lantaran kamu menikah sama saya kamu jadi punya rumah, tahu nggak rumah yang kita tinggali rumah siapa? Rumah orang tua saya. Mobil yang Mas pakai ke kantor, punya siapa? Punya orang tua saya. Gara-gara menikah, Mas bisa punya rumah, bisa punya mobil”
Kata Suami :
“Hei, kamu itu kalau tidak saya nikahi, masih belum laku, masih di pinggir jalan. Beruntung kamu saya nikahi. Bersyukur kamu punya suami seperti saya.”
Model Rumah Tangga Gaya Pasar
Di pasar ada pembeli dan penjual. Si pembeli ingin membeli barang semurah mungkin, sebaliknya si penjual ingin menjual barang semahal mungkin.
Kata Suami:
“Pokoknya sejak kamu menjadi istri saya, tugas kamu adalah mencuci, mengepel, membersihkan, menyiapkan makanan, mengurus anak-anak. Itulah tugas kamu, ibu rumah tangga, titik!”
Kata Istri :
“Pokoknya sejak menikah dengan kamu, saya nggak mau sekedar menjadi ibu rumah tangga. Saya jelek-jelek gini sarjana lho Mas. Saya ingin bekerja mas, saya ingin independen, saya tidak mau tergantung pada suami, titik!”
Model Rumah Tangga Gaya Kuburan
Suasana di kuburan adalah sunyi, senyap, tenang, tidak ada suara. Suami istri hidup sudah puluhan tahun tidak pernah berkomunikasi, tidak pernah ada kata-kata.

Model Rumah Tangga Gaya Sekolah
Model rumah tangga ini ditandai dengan 3 A, Asah – Asih – Asuh. Suami dan istri berkomitmen untuk saling mengasah, mengasih, dan mengasuh.
Asah
Saling mengasah, saling menajamkan wawasan. Dengan adanya pertemuan suami istri terjadilah pertukaran wawasan, sharing knowledges, sharing experiences.
Asih
Saling mengasihi, saling menyayangi
Asuh
Saling mengasuh, saling peduli, saling melayani. Bukan saling menuntut.
Model Rumah Tangga Gaya Masjid
Masjid adalah gambaran model rumah tangga asmara (as sakinah mawaddah wa rahmah) yang menjadi dambaan dan harapan setiap keluarga.
Ada Ketulusan
Sholat harus dalam keadaan suci. Rumah tangga masjid harus ada ketulusan dan kebersihan jiwa.
Ada imam dan ada makmum
Alangkah indahnya rumah tangga jika imamnya adalah suami, makmumnya istri dan anak-anak. Imam bergerak rukuk, istri dan anak-anak pun rukuk, ada kebersamaan.
Ada Loyalitas
Keluarga sakinah adalah loyalitas. Kesetiaan mutlak dari istri terhadap suami, kecuali jika telah melakukan penyimpangan.
Diakhiri dengan salam
Assalamu’alikum ke kanan dan ke kiri. Keselamatan, ketenangan, kedamaian senantiasa mewarnai suasana dalam rumah tangga. Bukan keresahan, bukan konflik, bukan baku hantam.


Tata Cara Nikah yg Baik berdasarkan Sunah Nabi
Sebelum Pernikahan
Meminta pertimbangan kepada orang yang baik agamanya yang mengenal betul laki-laki/perempuan yang akan dinikahinya.
Sholat Istikharah
Setelah mendapatkan pertimbangan tentang bagaimana calon suami/isterinya,hendaknya ia melakukan shalat istikharah sampai hatinya diberi kemantapan oleh Allah Taala dalam mengambil keputusan.
Taaruf
Islam adalah agama yang hanif yang mensyariatkan pelamar untuk melihat wanita yang dilamar dan mensyariatkan wanita yang dilamar untuk melihat laki-laki yang meminangnya, agar masing- masing pihak benar-benar mendapatkan kejelasan tatkala menjatuhkan pilihan pasangan hidupnya
Khitbah
Setelah seseorang mendapat kemantapan dalam menentukan wanita pilihannya, maka hendaklah segera meminangnya. Laki-laki tersebut harus menghadap orang tua/wali dari wanita pilihannya itu untuk menyampaikan kehendak hatinya, yaitu meminta agar ia direstui

Akad Nikah
Adanya suka sama suka (kerelaan) dari kedua calon mempelai
Adanya ijab qabul
Dalam perkawinan yang dimaksud dengan "ijab qabul" adalah seorang wali atau wakil dari mempelai perempuan mengemukakan kepada calon suami anak perempuannya/ perempuan yang di bawah perwaliannya, untuk menikahkannya dengan lelaki yang mengambil perempuan tersebut sebagai isterinya. Lalu lelaki bersangkutan menyatakan menerima pernikahannya itu.
Adanya Wali
Nabi SAW bersabda: "Tidaklah sah suatu pernikahan tanpa wali." (HR. Abu Daud)
Adanya Saksi-saksi
Rasulullah SAW: "Tidak sah suatu pernikahan tanpa seorang wali dan dua orang saksi yang adil." (HR. Al-Baihaqi )
Adanya Mahar
Islam memuliakan wanita dengan mewajibkan laki-laki yang hendak menikahinya menyerahkan mahar (mas kawin) atas kesepakatan kedua belah pihak dan menurut kadar kemampuan. Islam juga lebih menyukai mas kawin yang mudah dan sederhana serta tidak berlebih-lebihan dalam memintanya.

Walimah
Walimatul 'urusy hukumnya wajib dan diusahakan sesederhana mungkin dan dalam walimah hendaknya diundang orang-orang miskin. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda tentang mengundang orang-orang kaya saja berarti makanan itu sejelek-jelek makanan.
Sabda Nabi SAW: "Makanan paling buruk adalah makanan dalam walimah yang hanya mengundang orang-orang kaya saja untuk makan, sedangkan orang-orang miskin tidak diundang. Barangsiapa yang tidak menghadiri undangan walimah, maka ia durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya". [Hadits Shahih Riwayat Muslim 4:154 dan Baihaqi 7:262 dari Abu Hurairah].


Dan hal yg ini harus kalian hindari
1. Pacaran
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda (yang artinya): "Jangan sekali-kali seorang laki-laki bersendirian dengan seorang perempuan, melainkan si perempuan itu bersama mahramnya". HR Bukhari dan Muslim

Kalo kalian pacaran ada akibatnya loch ...
Islam mengakui adanya rasa cinta.
Cinta terhadap lawan jenis hanya ada dalam ikatan pernikahan.
Pacaran itu bukan cinta, tetapi memperturutkan nafsu syahwat.
Pacaran itu tidak bisa dijadikan untuk sarana untuk lebih mengenal calon pendamping hidup, karena semuanya palsu.

2.Tukar Cincin gak ada dalam islam
3.Mengikuti Upacara Adat
4.Menuntut Mahar yang Tinggi
Dari Uqbah bin Amir, bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam: "Sebaik-baik mahar adalah yang paling ringan." (HR. Al-Hakim dan Ibnu Majah)
5.Ikhtilath
Ikhtilath adalah bercampurnya laki-laki dan wanita hingga terjadi pandang memandang, sentuh menyentuh, jabat tangan antara laki-laki dan wanita. Menurut Islam antara mempelai laki-laki dan wanita harus dipisah, sehingga apa yang kita sebutkan di atas dapat dihindari semuanya.

Sebagai renungan bagi mbak2 n mas2 yang mau dan siap nikah silahkan baca blog ini ... semoga bermanfaat dan menjadi keluarga yg sakinah mawadah marohmah heheh

Allohuakbar

Tidak ada komentar: