Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendirian." (Ar-Raad [13]: 11).

20 Februari 2009

bIKIN bLOG


Yang pasti membuat blog itu gampang dan gratis. Hanya dengan 3 (tiga) langkah saja blog Anda sudah jadi. Jadi tunggu apalagi...LANGKAH 1 – CIPTAKAN SEBUAH ACCOUNT

Isi kolom-kolom data pada formulir pendaftaran yang tersedia dengan jujur dan benar.

Untuk memulainya, kunjungi http://www.blogger.com/

Keterangan kolom-kolom isian data :

* Kolom isian ‘Alamat email’. Isi kolom ini dengan alamat email anda sendiri. Pastikan bahwa alamat email Anda tersebut adalah alamat email yang masih aktif. Kolom ini harus diisi, karena akan dipergunakan untuk sign in ke blog Anda dan layanan Google lainnya.
* Kolom isian ‘Ketik ulang alamat email’. Ketik lagi alamat email Anda di kolom ini untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan ketik.
* Kolom isian ‘Masukkan sebuah password’. Setidaknya harus terdiri 8 karakter (huruf atau angka). Buatlah password perpaduan huruf dan angka. Jangan membuat password dengan nama atau tanggal lahir anda.
* Kolom isian ‘Ketik ulang sandi’. Ketik lagi password Anda pada kolom ini untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan ketik.
* Kolom isian ‘Nama Tampilan’. Kolom ini digunakan untuk menandai posting blog Anda. Dengan kata lain, nama tampilan adalah nama atau identitas yang muncul di setiap posting naskah Anda.
* Kolom isian ‘Verifikasi Kata’. Diisi berdasarkan karakter yang Anda lihat pada gambar.
* Penerimaan Persyaratan. Centang (√) kotak di lajur ‘Saya menerima Persyaratan dan Layanan’ sebagai indikasi bahwa Anda telah membaca dan menerima Persyaratan Layanan Blogger.
* Setelah semua kolom isian telah diisi dengan lengkap, klik tombol ‘LANJUTKAN’.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke langkah kedua, yakni memberi nama blog Anda.


LANGKAH 2 - NAMA BLOG ANDA

Pada bagian ini Anda diminta untuk memberi nama blog Anda dengan mengisi kolom isian yang tersedia.

Keterangan kolom-kolom isian :

* Kolom isian ‘Judul Blog’. Anda bebas memberi judul blog dengan nama yang Anda kehendaki. Berilah judul blog Anda yang mudah diingat dan dapat mencerminkan isi blog Anda nantinya (tidak saling bertentangan). Misalnya, judul blog Anda ‘bengkelmotorku’, isinya jangan mengenai resep-resep masakan. Jika masih bingung, Anda dapat memberi judul blog Anda dengan judul Anda saja dulu.
* Kolom isian ‘Alamat Blog (URL)’. Isilah kolom ini dengan alamat blog Anda dengan alamat blog yang gampang diingat orang.
* Setelah semua kolom isian telah diisi dengan lengkap, klik tombol ‘LANJUTKAN’.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke langkah ketiga, yakni memilih template blog anda.


LANGKAH 3 - PILIH SEBUAH TEMPLATE

Tersedia cukup banyak template yang dapat anda pilih sesuai dengan selera, tema dan isi blog Anda.
Setelah Anda memilih template, klik tombol ‘LANJUTKAN’. Tunggulah sebentar, sabar...

Jika kemudian muncul indikasi ‘Blog Anda telah diciptakan!’, itu berarti blog Anda sudah jadi. SELAMAT! Anda telah berhasil menciptakan sebuah blog. Mudah bukan?!

Lalu berikutnya apa? Yang harus Anda lakukan berukutnya adalah posting atau menempatkan naskah Anda. Untuk itu, klik tombol 'MULAI BLOGGING'.

Silahkan baca dan ikuti langkah-langkahnya

Tidak ada komentar: